Image of Tafsir Tarbawi : Mengungkap Pesan Al-Quran Tentang Pendidikan / Ahmad Munir

Text

Tafsir Tarbawi : Mengungkap Pesan Al-Quran Tentang Pendidikan / Ahmad Munir



Judul : Tafsir Tarbawi : Mengungkap Pesan al-Qur'an tentang Pendidikan
Penulis : Ahmad Munir
Edisi : Cetakan 1
Penerbit : Yogyakarta : Teras, 2008
Deskripsi Fisik : ix, 234 hlm. ; ilus. 21 cm.
ISBN : 9789793946245

Abstrak Informatif :
Tafsir tarbawi merupakan ijtihad akademisi tafsir, berupaya mendekati al-Qur'an melalui sudut pandang pendidikan, baik dari segi teoritik maupun praktik. Ijtihad ini diharapkan dapat mewacanakan sebuah paradigma tentang konsep pendidikan yang dilandaskan kepada kitab suci al-Qur'an. Dengan demikian, petunjuk kitab suci diharapkan mampu diimplementasikan sebagai nilai-nilai dasar dalam pendidikan.
Jika wacana ini dapat dilihat sebagai nominasi alternatif suatu model pendekatan, tafsir tarbawi dapat dijadikan sebuah tawaran dalam proses kajian dan pembelajaran kitab suci dengan menggunakan pisau analisis pendidikan (logo analysis educative).
Al-Qur'an memandang bahwa pendidikan merupakan persoalan pertama dan utama dalam membangun dan memperbaiki kondisi umat manusia di dunia. Ajaran yang terkandung di dalamnya mencakup akidah tauhid, akhlak mulia, dan aturan-aturan mengenai hubungan vertikal dan horizontal ditanamkannya melalui pendidikan tersebut. Itu berarti pendidikan merupakan kata kunci untuk kemajuan bangsa karena maju tidaknya suatu bangsa selalu diukur dengan mutu dan penyelenggaraan pendidikan yang dimiliki suatu bangsa.
Pendidikan yang ditawarkan al-Qur'an memperlihatkan perbedaan yang cukup berarti jika dibandingkan dengan pendidikan konvensional. Perbedaan itu terlihat jelas pada prinsip dasar pembangunan pendidikan tersebut, pendekatan belajar, orientasi penyelenggaraannya dan sumber ilmunya.
Prinsip dasar pendidikan Islam adalah akidah tauhid dan Islam memandang ilmu yang dipelajari bersumber dari Allah. Maka pembelajarannya bercorak imani, dan pendekatan dalam pembelajarannya bernuansa akidah tauhid. Demikian pula orientasinya yang juga menuju penguatan keimanan, dan pembelajarannya selalu dilakukan dengan pendekatan spiritual. Sebab, Islam memandang bahwa ilmu itu bersumber dari Allah, maka spiritual menjadi suatu pendekatan yang tidak dapat diabaikan. Prinsip utama pembangunan dan penyelenggaraan pendidikan Islam adalah akidah tauhid, ini berarti bahwa pendidikan dalam perspektif al-Qur'an bukan penguasaan ilmu, tetapi penanaman dan pengembangan akidah tauhid. Ilmu dipandang hanya sebagai alat transformasi pembangunan akidah tersebut melalui wadah pendidikan. Karena itu keberhasilan pendidikan tidak hanya ditandai dengan penguasaan pengetahuan tetapi juga mencerminkan keimanan kepada Allah.
Kata Kunci : Tafsir Tarbawi; Pendidikan Islam.



Buku ini sudah disunting dengan perbaikan mencakup judul buku, pengarang, pernyataan tanggung jawab, edisi, data koleksi eksemplar, klasifikasi, nomor panggil, tajuk subjek dan gambar sampul.


Ketersediaan

46411/14U 2X1.473 Ahm tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2020-09-26)
46412/14U 2X1.473 Ahm tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
46413/14U 2X1.473 Ahm tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
46414/14U 2X1.473 Ahm tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia
46415/14U 2X1.473 Ahm tPerpustakaan IAIN Palangka Raya (Lantai 2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 2X1.473 Ahm t
Penerbit Teras : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
ix, 234 hlm. ; ilus. 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789793946245
Klasifikasi
2X1.473
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this